Selasa, 11 Desember 2012

Psikotest, TPA, TO UN dan isu SNMPTN dihapuskan

Halo-halo semuanya
Setelah kemarin berbagi cerita tentang foto angkatan buat BTS, post kali ini bakal bahas tentang kegiatan siswa-siswi SMAN 7 Yk setelah UAS selesai. Kita ngiranya setelah UAS selesai kita bisa bobok-bobok dirumah, bangun siang dan dan lain-lain. Ternyata eh ternyata guru-guru sudah menyiapkan agenda yang sedemikian rupanya menyiksa batin kita -ceritanya lebay- yap, berhubung sudah beranjak ke kelas 12, agenda setelah UAS adalah...Psikotest, TPA -ini test potensi akademik bukan taman belajar alquran-, dan juga TO UN! Nah lho! 

Mari kita review, Senin, 10 Desember 2012, Psikotest diadakan bersamaan dengan psikotest untuk adik-adik kelas 10. Nah, psikotest untuk kelas 12 ini bertujuan untuk memantapkan langkah anak-anak kelas 12 untuk menentukan nasib mereka di masa depan -maksudnya menentukan fakultas gitu- yang sesuai dengan minat serta bakat yang akan dibuktikan dengan hasil psikotest. Nah, kalau buat adik-adik kelas, psikotest bertujuan untuk memantapkan langkah mereka ke penjurusan -IPA atau IPS- supaya mereka tidak galau lagi dan tidak menjadi 'penyebrang jurusan' pas mau ke universitas nanti. 

Serunya, psikotest ini berlangsung dari jam 07.30 WIB dan selesai sekitar pukul 11.00 WIB tanpa istirahat -apa nggak pusing tuh!- dengan total soal nyaris 400an -hah!-. Sebenarnya hari itu juga sudah dijadwalkan untuk foto BTS dengan walikelas, namun karena salah satu mantan guru di SMAN 7 Yk, Pak Heru -guru bahasa inggris, sekarang mengampu di SMAN 3 Yk- mendapat cobaan yaitu putrinya diminta kembali oleh Yang Maha Kuasa, maka jadwal foto hari itu dibatalkan.

TPA atau test potensi akademik yang disponsori olek AA YKPN dilangsungkan hari ini Selasa, 11 Desember 2012 pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00. Sebelum diadakan test potensi akademik pada pukul 08.00 -- 09.00 WIB diadakan test bahasa inggris dari salah satu lembaga bimbingan belajar bahasa inggris. TPA ini hasilnya digunakan untuk mengukur seberapa besar potensi akademik -yaiyalah namanya juga TPA- yang dimiliki oleh siswa-siswi SMAN 7 Yk. 

Nah, selama tiga hari kedepan, tanggal  12 - 14 Desember 2012 akan diadakan TO Intern UN pertama di SMAN 7 yk, dengan jadwal hari pertama matematika dan bahasa Indonesia. Semoga saja semua siswa-siswi SMAN 7 Yk dapat mengerjakan soal-sola TO besok dengan lancar dan jangan telat!

Oke, hal terakhir yang mau dibahas adalah isu dihapuskannya SNMPTN. Isu ini membuat banyak pihak pro dan kontra. Namun, lebih banyak pihak yang kontra yang berasal dari kalangan siswa-siswi SMA lantaran dihapuskannya SNMPTN ini membuat mereka khawatir atas nasib mereka untuk dapat masuk ke universitas yang mereka impikan. Isu lain yang berkembang bahwa untuk masuk ke perguruan tinggi, nilai yang digunakan adalah nilai rapor dan nilai hasil UN serta jalur undangan dan jalur prestasi. Memang presentase jalur undangan dinaikkan 10% dari tahun lalu menjadi 60%, namun hal ini masih membuat para siswa khawatir akan masa depan mereka. Keputusan yang mendadak ini memang membuat panik dan ketakutan para siswa SMA. Namun, apapun keputusan yang dibuat oleh pemerintah pasti mempunyai rencana yang baik untuk kita semua, dan sekarang kita harus lebih terpacu lagi untuk terus belajar dan berusaha agar apa yang selama ini kita dan orang tua kita cita-citakan dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar